Bingung Pilih Cloth Diaper? Baca Pengalaman Saya Dan Kenzo Dulu Ya…

Belakangan ini banyak beredar merk-merk cloth diaper baru, dari yang berharga belasan ribu sampai tiga ratus ribuan per bijinya. Saya pengen sharing tentang pengalaman bayi saya, Kenzo, selama pakai cloth diaper mulai umur dua bulan sampai sekarang, hampir sepuluh bulan.

Bagi yang belum pernah pakai dan berniat beli, mungkin bingung milih cloth diaper yang mana. Kalau saya sendiri dulu dimulai dari beli cloth diaper mahal berharga rata-rata dua ratus lima puluh ribuan (baca artikel saya Selamat Datang Cloth Diaper), Senangnya Pakai Cloth Diaper, dan Review Cloth Diaper. Saya punya BumGenius, Happy Heinys, Fuzzy Bunz, Bumwear, dan Wonderoos. Jujur saja, dari rencana memakaikan clodi hanya untuk tidur siang dan malam, ternyata lama-lama saya keenakan dan memakaikannya sepanjang hari. Malah, kalau malam hari Kenzo terpaksa pakai disposable diaper karena pipisnya banyak banget. Kalo pakai clodi pasti deh bocor ke mana-mana.

Lalu kira-kira dua bulan lalu, saya beli lagi beberapa clodi lokal, termasuk di antaranya celana sistem serap merk Nice Kids. Harganya cuma lima belas ribu rupiah, tapi ternyata saya paling jatuh cinta dengan clodi yang satu ini. Mengapa?

Satu, bentuknya slim. Paling ramping kalo dipake. Saya suka dengan kerampingannya sehingga bisa didobel dengan celana panjang kalau lagi ke luar rumah.

Dua, nggak bocor (untuk sekali pipis), dan nggak bikin paha Kenzo merah.

Tiga, gampang dicuci kalo kena pup. Dianjurkan cuci pakai tangan untuk memelihara daya tahan clodi, tapi boleh juga kalo mau pake mesin cuci.

Empat, satu ukuran (all size). Kalo clodinya dirawat dengan baik, bisa dipakai dalam jangka waktu lama.

Lima, dan paling penting, harganya murah meriah. Paling murah di antara clodi lokal lain yang saya punya. Rasanya nggak begitu masalah di dompet kalo mau beli sepuluh atau dua puluh clodi ini. Mengapa saya bilang faktor murah ini paling penting? Karena kita jadi bisa beli banyak. Dengan kita punya banyak clodi, bayi jadi bisa sering ganti clodi. Sekali pipis, langsung ganti. Bukan dua kali atau tiga kali pipis baru diganti. Kecuali keadaan darurat seperti lagi di luar rumah, atau bayi masih tidur pulas dan kita nggak tega ngebangunin he he… Intinya, sama dong kayak kita, kan nggak nyaman ya kalo abis pipis celananya nggak langsung diganti. Bahkan misalnya lagi pake clodi mahal yang sanggup menampung pipis sampai tiga-empat kali, saya tetap langsung mengganti clodi begitu udah dipipisin sekali saja, meski baru dipakai lima menit. Gampang kok mendeteksinya, dari bau pesing aja udah cukup he he…

Jadi kesimpulannya, kalo saya lebih suka memakaikan clodi Nice Kids untuk sehari-hari di rumah. Sedangkan kalo lagi ke luar rumah, Kenzo pakai clodi impor yang daya tampung pipisnya lebih banyak.

Semoga pengalaman saya bisa membantu buat moms yang kebingungan milih cloth diaper. Oya, postingan saya ini murni pengalaman pribadi, saya nggak dibayar pihak manapun untuk mempromosikan produk tertentu. Menurut saya, silakan dicoba clodi merk apa yang paling cocok, terus usahakan punya dalam jumlah banyak supaya sekali pipis bisa langsung diganti. Ingat, clodi fungsinya adalah seperti celana kain biasa, tapi melindungi kasur supaya nggak kena pipis bayi, di lain pihak bayi harus tetap merasa nyaman dengan clodinya. Clodi bukanlah celana untuk menampung pipis berkali-kali.

Happy cloth diapering!

10 comments Add yours
  1. hai sis, salam kenal… aku nih tipe ibu jadul, secara anakku udah 3, yang 2 udah ABG. hehe..
    mo tanya clodi yang nice kids itu yang celana ato yang pake velcro, coz aku pernah pake yang celana waktu anakku yang plg kecil masih bebi ( skrg 18bln) tapi pahanya merah2 gitu, jadi aku ga pakein lg. trus nyoba merk lokal jg pake velcro (tp lupa merknya nice kids bukan ya)lumayan enak cuma dicuci lama2 anduknya mbrodol ( hihi, jawir banget) jadi ga nyaman. mo beli yang import untuk anak 18bln wworth it ga ya, coz aku ga da rencana pny bayi lagi. thks atas pencerahannya ya

  2. Makasih atas infonya. Info ini sangat bermanfaat untukku dalam memilih cloth diaper. Karena aku baru akan mencoba cloth diaper untuk anakku. Aku sudah browsing banyak website cloth diaper. Dan aku setuju dengan commentmu.

  3. haii effiiii…seneng bgt baca cerita km ini. soalnya ak lg bingung mo beli clodi apa. dan ini pertama kalinya tau ttg clodi ini 🙂

    Gw setuju bgt tuh sm yg murmer2 itu hihihi… Nice kids itu beli dimana kah? tengkiu effi…

  4. Hi Sis Effi, nanya dunk, di mana beli clodi yg Nice Kids itu? dr anak pertama smp 4thn nih sy slalu pakein yg dispo. Kebetulan nih bln dpn mo brojol, pengen coba yg clodi deh. Thx ya Sis atas reply nya. Ditunggu lho.

  5. bagus banget cerita pengalamannya pakai clodi, bolehkan aku copy untuk dipublikasikan agar lebih banyak yg makai clodi, itung2 untuk ngurangi pencemaran. makasih ya.

  6. sista…. saya jug apk yg nice kids…. tp kok ndak all size ya??? apa nice kids itu ada merk lain?? boleh liat gmbr clodi nice kids scr detailnya?? sm ndak sama puny saya.. TQ

  7. huaaaa…. samaaa binunnn…

    tapi setelah baca ini, ada sedikit “pencerahan” lah… thanks ya sist..

    sharing dikit ya: baru aja saya pulang dari ITC deket rumah, mau nyoba nanya2 soal clodi.. tinggal satu toko baby yang buka, saya nanya clodi… dijawab: apa itu? setelah menjelaskan dengan penuh huru-hara, dia mengeluarkan clodi yang biasa banget dan gak all size.. trus saya diketawain karena nyari yang all size… TT___TT gak bakal kesitu lagi…

    jadi saya harus kemanaaaa???? makin pusing, besok mau menjelajah ke toko baby langganan…

    oh ya pernah denger toomookow? yang dari singapore? berapaan tuh ya?

  8. belinya nice kids dmn sis…anakq yg kedua kulitnya sensitif banget malah dr lahir gak bisa pake dispo lama2 klo udah kelamaan langsung deh pahanya merah2 (ruam).
    Waktu umur 3 bln sampe skrg setiap pagi sampe sore aq pakein popok kain yg dia gunain waktu br lahir plus celana dlm bayi (model pembalut cm ya gitu cucian jd numpuk krn alasnya sm celananya basah belum lg klo pas pipisnya banyak bajunya juga kena…
    Aq cari2 info di internet ttg clodi ternyata banyak macemnya dan mahal2…klo ada yg murah aq kebantu banget nih….
    tks ya infonya

  9. waaaaahhh….thanx banget…. dapet ilmu nih, secara aku br punya baby 3bl. N penasaran bgt ma clodi, lg nyari2 merk and lg belajar cara nyucinya! (pdhl sblmnya sempet ga yakin). Jaman kakak2nya dulu (7 and 5) aku ga pernah tau siy ma clodi. thumbs up!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *