Resep Nasi Gandul Dari Pati

with 26 Comments

nasi gandul khas pati

 

 

 

 

Lagi kepengen makan nasi gandul khas Pati nih. Kalau pas pulang ke Kudus sih gampang tinggal ke warung di gang tiga. Tapi di Surabaya sini jarang yang jual. Waktu browsing di internet nemu Warung Muria di jalan Bratang Binangun, Manyar Megah Indah Bl A/39, yang katanya menyajikan nasi gandul khas Pati.

Resep nasi gandul ini aku dapat dari majalah Femina. Kapan-kapan mau nyoba masak sendiri, kayaknya sih membuatnya cukup gampang.

Bahan-bahan
1 kg daging sapi (has dalam)
10 siung bawang putih, haluskan
2 sdt ketumbar, disangrai
4 cm kencur, memarkan
4 cm jahe, memarkan
1,5 sdt garam
3/4 sdm gula pasir
1 sdt merica putih
4 sdm kecap manis
1500 ml santan dari 1 butir kelapa parut

Cara membuat:
Rebus daging sapi hingga empuk. Potong-potong ukuran 1 cm.
Panaskan minyak. Tumis bawang putih, kencur dan jahe hingga harum. Tambahkan garam, gula pasir, merica putih dan kecap manis, aduk rata.
Tuang santan lalu masak sambil diaduk sampai mendidih.
Masukkan daging, masak sampai bumbu meresap.

26 Responses

  1. rayearth2601
    | Reply

    top markotop emang neh nasi gandul,,,

    “Anda yang berasal dari Pati ( Jawa Tengah ) tentunya sudah tidak asing dengan nasi gandul.
    Kalau anda berdomisili di BSD dan sekitarnya, silakan kunjungi WARUNG nasi gandul PAKDHE, di komplek pasar modern BSD, buka mulai pukul 17.00 – 24.00 WIB. Harga terjangkau, 10 ribu / porsi.”

  2. Effi
    | Reply

    Silakan dicoba…

  3. chris
    | Reply

    Terimakasih utk posting resep2nya Fi. Nasi Gandul makanan favorit saya kalau pulang ke Semarang. Oya,saya lagi cari resep mie titee yg orisinil, agak susah dapatnya kalau enggak dari orang Semarang dan sekitarnya. Barangkali Effi tahu? Terimakasih sebelumnya…^_^

  4. iin
    | Reply

    nasi gandul….aku paling suka masakan nasi gandul….dulu waktu kecil, tiap di ajak beli nasi gandul pasti nambah…hehheee…

    kalau sekarang dijarang maem nasi gandul…soalnya di jogja aku baru nemu satu warung…di jakal km 9.5 belum pernah coba sih…baru liat dari jalan pas lewat…

    makasih resepnya…aku mau praktekin deh….semoga berhasil..hehehe..

    eh ya, kenapa kalau maem nasi gandul selalu di alasi daun pisang???jadi, di atas piring sebelum nasi tu, di alasi daun pisang dulu…

    ada yang tau???

    • Effi
      | Reply

      Hai Chris, kalo resep mie titee orisinil saya ga tau. Browsing di internet juga ga nemu. Mungkin yang lain ada yang tahu?

  5. Dwi
    | Reply

    Biar tambah sedap atuuh…dulu waktu aku masih kecil, ibu kalo menanak nasi liwet atasnya selalu dikasih daun pisang, yaitu ketika beras udah setengah matang, trus ditutup lagi. Aromanya memang jadi sedap.

  6. wahyu
    | Reply

    waw mantap bener resep nya jadi penegn makan nasi gandul gue

  7. Hartono
    | Reply

    boleh dicoba neh yg di pasar modern BSD… soalnya aku belom pernah kesana, padahal aku tinggal deket situ.
    Ada yg tahu gak, blok sebelah mana??

  8. angkling maulana
    | Reply

    Ibu/bapak gmn klw nasi gandul dikembangkan ke daerah2 atau kota2 besar…..saya sendiri asli wong pati-gabus.

  9. hasan
    | Reply

    makasih atas resepnya….. kangen banget ama nasi gandul. pengen makan tapi di cairo mesir blm ada yang jual…. ya walapun g bisa masak tp demi nasi gandul aku akan coba masak. makasih atas resepnya…….

  10. didik
    | Reply

    mksh resepnya, sy dr jawa timur tp penggemar berat nasi gandul, di Bandar Lampung ada 1 warung yg ada menu nasi gandul (jl Pramuka.

  11. afin
    | Reply

    thx mb..
    stlh resep dicoba, rasanya persis sama yang dari sono-nya..
    dimakan pake piring yang dilapisi daun pisang, waaaw…
    thx again…

    afin sby

  12. manjoi
    | Reply

    di kalimantan susah cari nasi gandul pati,terutama di bartim/barsel

  13. edy
    | Reply

    aq cah Pati,tapi sekarang lagi di Batam
    pengen makan nasi gandul tapi gak ada
    buka cabang di Batam dong!!!!!!!1

    • madhyan
      | Reply

      Kangen sama Nasi Gandul< ada tuh di Soto Kudus Moria, samping XL Batam centre

  14. junia
    | Reply

    makasih ya resepnya , walau udah tau aku coba baca aja , soalnya asal daerahku sendiri dari pati , udah sering makan kalau lagi pulang kampung . emang nasi gandul tiada 2 nya , macho abis dah…..

  15. Emi
    | Reply

    memang sedap mkn nasi gandul khas Pati, jadi pingin plng kampung. Di Batam ada tpi krng pas nggak sama rasanya dr daerah asal, he he he…. Thanks atas resepnya, kayaknya ada yg kurang apa ya? Asal sy dr Puri Pati.

  16. Nasi Gandul
    | Reply

    Assalamu’alaikum Bapak / Ibu
    sekarang Nasi Gandul ada juga lho di Purwokerto, untuk teman-2 penggemar Nasi Gandul & Garang Asem di daerah Purwokerto, Banyumas, Purbalingga, dan sekitarnya mangga mampir …
    http://www.facebook.com/nasi.gandul

    Wassalamu’alaikum

  17. DEDY
    | Reply

    EHEM ENYAK_2000000X

  18. nafisa
    | Reply

    EH….ternyata Di KUDUS juga ada NASI GANDUL

    WEENAKkk Lhoo tempatnya di depan terminal KUDUS Aaaa

    Yoooo Silahkna mencoba.

    • Dani
      | Reply

      He..He..iya emang uuenak tenan lho,dlu wkt mudik lewat pantura sempat nyoba makan NASI GANDUL depan terminal KUDUS?!jdi pengen lagi nih! pokok e buat gandul mania gak afdol kalo belom nyoba.

  19. widodo_PATI
    | Reply

    Cah2 Pati,
    Walau Aku Asli Cah Pati,Sekarang diperantauan,
    Entah Kenapa Gak Tahu Cara Buat Nasi Gandul yang benar2 Aslli
    Ada yang tahu tidak Resep Nasi Gandul yang Benar2 Asli dari Pati, bukan dari Majalah atau Resep Coba2….
    Kangen Nih Apa Ciri khas Nasi Gandul dari Pati Aslie…. Bukan Aspal….

  20. rozzana banjarmasin
    | Reply

    assalamualaikum,…saya asli orang kalimantan,…waktu kesemarang..saya mencoba nasi gadul,…wuih, ternyata uenak…sampai sekarang baru satu warung di banjarmasin yang jual nasi gandul, cuma rasanya beda dgn yang saya coba di semarang dulu…..sekarang saya mau coba sendiri memasak nasi gandul dari resep di atas…makasih ya resep nya……wasslam…

    • mamunk
      | Reply

      harus asli orang pati itu mas bro..
      hehehehe..
      biar tk buka usaha disana dech ntr

  21. sigit
    | Reply

    kalo pengin coba nasi gandul, datang saja di deas gajahmati pati.. jl. kyai pupus.. di warung nasi gandul PAK MELED.. dijamin puas…….

  22. Rudin
    | Reply

    aku wong pati…. tinggal nek jakarta…. kangen nasi gandul…. sing rasene sama nek pati di mana ya… di jakarta… yg ada…..?

Leave a Reply