Resep Nasi Gandul Dari Pati

nasi gandul khas pati

 

 

 

 

Lagi kepengen makan nasi gandul khas Pati nih. Kalau pas pulang ke Kudus sih gampang tinggal ke warung di gang tiga. Tapi di Surabaya sini jarang yang jual. Waktu browsing di internet nemu Warung Muria di jalan Bratang Binangun, Manyar Megah Indah Bl A/39, yang katanya menyajikan nasi gandul khas Pati.

Resep nasi gandul ini aku dapat dari majalah Femina. Kapan-kapan mau nyoba masak sendiri, kayaknya sih membuatnya cukup gampang.

Bahan-bahan
1 kg daging sapi (has dalam)
10 siung bawang putih, haluskan
2 sdt ketumbar, disangrai
4 cm kencur, memarkan
4 cm jahe, memarkan
1,5 sdt garam
3/4 sdm gula pasir
1 sdt merica putih
4 sdm kecap manis
1500 ml santan dari 1 butir kelapa parut

Cara membuat:
Rebus daging sapi hingga empuk. Potong-potong ukuran 1 cm.
Panaskan minyak. Tumis bawang putih, kencur dan jahe hingga harum. Tambahkan garam, gula pasir, merica putih dan kecap manis, aduk rata.
Tuang santan lalu masak sambil diaduk sampai mendidih.
Masukkan daging, masak sampai bumbu meresap.

Categories: Recipe

26 comments

  • rayearth2601

    top markotop emang neh nasi gandul,,,

    “Anda yang berasal dari Pati ( Jawa Tengah ) tentunya sudah tidak asing dengan nasi gandul.
    Kalau anda berdomisili di BSD dan sekitarnya, silakan kunjungi WARUNG nasi gandul PAKDHE, di komplek pasar modern BSD, buka mulai pukul 17.00 – 24.00 WIB. Harga terjangkau, 10 ribu / porsi.”

  • chris

    Terimakasih utk posting resep2nya Fi. Nasi Gandul makanan favorit saya kalau pulang ke Semarang. Oya,saya lagi cari resep mie titee yg orisinil, agak susah dapatnya kalau enggak dari orang Semarang dan sekitarnya. Barangkali Effi tahu? Terimakasih sebelumnya…^_^

  • iin

    nasi gandul….aku paling suka masakan nasi gandul….dulu waktu kecil, tiap di ajak beli nasi gandul pasti nambah…hehheee…

    kalau sekarang dijarang maem nasi gandul…soalnya di jogja aku baru nemu satu warung…di jakal km 9.5 belum pernah coba sih…baru liat dari jalan pas lewat…

    makasih resepnya…aku mau praktekin deh….semoga berhasil..hehehe..

    eh ya, kenapa kalau maem nasi gandul selalu di alasi daun pisang???jadi, di atas piring sebelum nasi tu, di alasi daun pisang dulu…

    ada yang tau???

  • Dwi

    Biar tambah sedap atuuh…dulu waktu aku masih kecil, ibu kalo menanak nasi liwet atasnya selalu dikasih daun pisang, yaitu ketika beras udah setengah matang, trus ditutup lagi. Aromanya memang jadi sedap.

  • Hartono

    boleh dicoba neh yg di pasar modern BSD… soalnya aku belom pernah kesana, padahal aku tinggal deket situ.
    Ada yg tahu gak, blok sebelah mana??

  • angkling maulana

    Ibu/bapak gmn klw nasi gandul dikembangkan ke daerah2 atau kota2 besar…..saya sendiri asli wong pati-gabus.

  • hasan

    makasih atas resepnya….. kangen banget ama nasi gandul. pengen makan tapi di cairo mesir blm ada yang jual…. ya walapun g bisa masak tp demi nasi gandul aku akan coba masak. makasih atas resepnya…….

  • didik

    mksh resepnya, sy dr jawa timur tp penggemar berat nasi gandul, di Bandar Lampung ada 1 warung yg ada menu nasi gandul (jl Pramuka.

  • afin

    thx mb..
    stlh resep dicoba, rasanya persis sama yang dari sono-nya..
    dimakan pake piring yang dilapisi daun pisang, waaaw…
    thx again…

    afin sby

  • edy

    aq cah Pati,tapi sekarang lagi di Batam
    pengen makan nasi gandul tapi gak ada
    buka cabang di Batam dong!!!!!!!1

  • junia

    makasih ya resepnya , walau udah tau aku coba baca aja , soalnya asal daerahku sendiri dari pati , udah sering makan kalau lagi pulang kampung . emang nasi gandul tiada 2 nya , macho abis dah…..

  • Emi

    memang sedap mkn nasi gandul khas Pati, jadi pingin plng kampung. Di Batam ada tpi krng pas nggak sama rasanya dr daerah asal, he he he…. Thanks atas resepnya, kayaknya ada yg kurang apa ya? Asal sy dr Puri Pati.

  • nafisa

    EH….ternyata Di KUDUS juga ada NASI GANDUL

    WEENAKkk Lhoo tempatnya di depan terminal KUDUS Aaaa

    Yoooo Silahkna mencoba.

    • Dani

      He..He..iya emang uuenak tenan lho,dlu wkt mudik lewat pantura sempat nyoba makan NASI GANDUL depan terminal KUDUS?!jdi pengen lagi nih! pokok e buat gandul mania gak afdol kalo belom nyoba.

  • widodo_PATI

    Cah2 Pati,
    Walau Aku Asli Cah Pati,Sekarang diperantauan,
    Entah Kenapa Gak Tahu Cara Buat Nasi Gandul yang benar2 Aslli
    Ada yang tahu tidak Resep Nasi Gandul yang Benar2 Asli dari Pati, bukan dari Majalah atau Resep Coba2….
    Kangen Nih Apa Ciri khas Nasi Gandul dari Pati Aslie…. Bukan Aspal….

  • rozzana banjarmasin

    assalamualaikum,…saya asli orang kalimantan,…waktu kesemarang..saya mencoba nasi gadul,…wuih, ternyata uenak…sampai sekarang baru satu warung di banjarmasin yang jual nasi gandul, cuma rasanya beda dgn yang saya coba di semarang dulu…..sekarang saya mau coba sendiri memasak nasi gandul dari resep di atas…makasih ya resep nya……wasslam…

  • sigit

    kalo pengin coba nasi gandul, datang saja di deas gajahmati pati.. jl. kyai pupus.. di warung nasi gandul PAK MELED.. dijamin puas…….

  • Rudin

    aku wong pati…. tinggal nek jakarta…. kangen nasi gandul…. sing rasene sama nek pati di mana ya… di jakarta… yg ada…..?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>