Review Cloth Diaper

Bulan lalu ada tambahan empat stok cloth diaper untuk Kenzo. Jadi total stok cloth diaperku sampai saat ini ada enam. Ini reviewku tentang cloth diaper setelah memakaikan ke anakku selama kurang lebih satu bulan. Oya saat ini umur Kenzo 3 bulan, dengan BB 6 kg.

BumGenius, warna Twilight, velcro

Awalnya agak ragu untuk pesan cloth diaper yang pakai velcro. Eh, ternyata setelah beberapa kali pakai langsung suka, terutama oleh kepraktisannya. Perkiraanku clodi velcro bakal jadi favorit setelah Kenzo bisa merangkak, karena lebih gampang makeinnya dibanding yang pakai snap/kancing. Oya insertnya BumGenius ada 2, yang kecil untuk newborn dan yang besar untuk kalo bayinya udah agak gede. Kalo bayi udah gede, insert yang kecil bisa ditambahkan sebagai doubler. Sementara ini karena Kenzo masih kecil, aku makeinnya yang kecil aja. Insert kecil ini dibanding merk lain yang aku punya, bentuknya paling tipis karena cuma 2 lapis (rata-rata insert merk lain 3 lapis). Meskipun begitu daya serapnya oke dan ga pernah bocor untuk rata-rata pemakaian 3 jam. Oya saat ini Kenzo masih pakai settingan paling kecil untuk BumGenius.

Happy Heinys, motif Cow, velcro

Ini hampir sama dengan BumGenius. Cuma bedanya HH ini agak tebal di daerah ‘sabuk’ dibanding BumGenius, karena ukuran velcronya memang dibuat full (lebih besar). Yang ini aku paling suka motifnya. Lucu dan gaya.

Fuzzy Bunz, warna Apple Green, snap

Nah ini favoritku nomor satu. Kenapa? Karena dia setingan ukuran pahanya ada di dalam, tidak seperti clodi-clodi lainnya. Jadi dari luar kelihatan paling rapi, nggak banyak kancing bertebaran. Inovasi dia yang bikin setingan ukuran paha pakai karet, sangat fleksible dan menurutku paling nyaman untuk bayi. Kalau clodi lain umumnya pakai snap, dan biasanya pakai sistem dilipat di daerah perut. Nah kalau pakai karet ini jauh lebih fleksibel.

Bumwear, warna navy dyno, snap

Ini clodi pertama yang aku punya. Kalau ini aku paling suka insertnya, paling gampang masukinnya ke cover karena dijahit membentuk kantong. Hm, agak susah jelasinnya kalau gak pakai gambar sih.

Wonderoos, warna natural, snap

Kalau yang satu ini terus terang ga begitu pas di badan Kenzo. Tapi kalau untuk bayi yang lebih besar, banyak yang puas dengan Wonderoos. Mungkin karena kancing untuk melipat cuma ada dua, jadi kalo dipakai bayi newborn kelihatan ga begitu rapi. Kalau clodi lain seperti BumGenius dan Happy Heinys, ada 3 kancing sehingga bisa rapi. Positifnya, insert Wonderoos ini bentuknya paling mengikuti lekuk pantat bayi, nggak seperti insert lain yang biasanya berbentuk kotak segi panjang. Dilihat dari bentuk dan tebal insertnya, Wonderoos ini oke banget untuk bayi yang lebih besar.

Cloth Diaper dari Tolly Joy, warna biru pastel, velcro

Untuk clodi terakhir ini aku nggak nyangka sama sekali kalau bakal nemuin pas pulang kampung (Kudus). Waktu jalan-jalan ke Matahari Dept Store, iseng-iseng aku nanya ke mbak yang jaga stan bayi, apakah ada cloth diaper. Eh… ternyata ada. Clodi ini harganya kalo ga salah sekitar 37 ribuan, covernya saja. Jadi tanpa insert. Dia juga pakai sistem kantong. Tapi waktu aku tanya apakah jual insertnya juga, ternyata ga ada. Jadi aku tetap beli dengan harapan bisa pakai insert dari clodi merk lain. Ternyata bisa juga. Biasanya aku pakein clodi ini setelah mandi sore, karena di saat-saat itu pipisnya paling jarang. Aku pakein insertnya BumGenius yang kecil, yang cuma 2 lapis. Ternyata pas banget. Cuma aku nggak pakein clodi yang ini lama-lama. Kalo udah pipis, ya langsung ganti. Clodi ini ga bocor kalau cuma dipipisin. Pernah sekali waktu Kenzo pup pas pakai clodi ini. Eh… tembus lewat atas. Bagian pahanya sih gak tembus. Pupnya Kenzo kan masih encer kayak pasta. Jadinya belepotan ke mana-mana. He he…

Hm, segitu dulu deh reviewku tentang cloth diaper. Oya meskipun udah punya cloth diaper, bayi tetap harus sering-sering dipakein popok kain yang cuma satu lapis itu lho, karena kulit bayi juga perlu bernafas. Kalau lagi ganti clodi, biarkan bayi telanjang dulu untuk beberapa menit. Clodinya bisa dipakaikan pas bobo siang dan malam saja, atau pas bayi lagi pengen digendong terus he he…

26 comments Add yours
  1. Pemakaian harian cloth diapers sistem insert sangat merepotkan. Apalagi kalau sudah kena pup. Pencuciannya secara terpisah juga menyulitkan untuk dikumpulkan kembali. Kami memadukan insertion cloth itu menjadi satu unit, sehingga menghasilkan desain diapers berlidah, yaitu Ananndapers. Simak di http://www.anakbunda.net.

    Resiko penggunaan velcro pada diapers juga sudah banyak dikritisi di luar negeri. Untuk jangka panjang, buka tutup velcro yang sangat rekat mudah sekali merobek kain di sekeliling velcro. Sehingga pemakaiannya tidak pernah tahan lebih dari enam bulan. Sedangkan Ananndapers bisa diwariskan ke dari kakak ke adiknya, karena penggunaan kain elastis yang lembut.

  2. Sist,postingannya OK bgtt..!! aku jd dpt referensi n rekomedasi merk2 clodi mana yg ok punya! secara aku br new comer di dunia per-clodia-an! hehe… abis baca blog sist, jd tau byk soal clodi deh!
    Thanks.. ^__^

  3. hi mom, great to hear you’re a clodi supporter 🙂
    only the best for our babies right?

    mom harus cobain rumparooz atau blueberry minky. dari pengalaman saya memakai clodi, masih 2 merk ini yg kelas premium. kalau sudah ketemu blueberry minky, hmmm merem melek deh.

    sebetulnya untuk dibawah 3bulan, paling bagus baby memakai prefold diaper, lalu ditutup dg diaper cover. tapi sistem ini tidak begitu dikenal di indonesia, padahal ini adalah ‘wajib’ di US dan negara lain, termasuk singapore dan malaysia (mertua saya lbh tahu ttg clodi drpd saya :p ) karena buat mereka cloth diaper adalah hal yg umum. entah kenapa di indonesia sama sekali tidak tahu mengenai prefold.

  4. senengnya ada moms yang suka dg cloth diaper juga. memang cloth diaper itu selain sehat, nyaman buat baby tapi juga go green 🙂

    saya personally suka blueberry minky & rumparooz..

  5. o ya, nambah dikit lagi….(waktu baca bagian terakhir) inget waktu di-pup-in ama di pipisin ama kenzo waktu dia gak pake diaper…. hiks…tanda cinta dari kenzo tuh yah…wakakakakkak

  6. Hi, stlh baca artikel ini aku tertarik coba clodi, boleh minta info ngga kl di jakarta/surabaya, bisa dapat clodi dimana ya? Thanks

  7. Aku pengin coba beli cloth diaper nih buat anak ku jessica. Sekarang dah mau 4 bln. Kira2 saran mu pake yg merek apa ya. Minimal musti punya berapa ya? Thks.

  8. Klo aq cloth diaper yg paling memuaskan dipake anakku adalah bumgenius, happy heinys, dan fuzzi bunz.hmm..berarti qta hampir sama ya mbak? 🙂 klo untuk siang-siang babyland yg made in cina itu jg oke, meskipun tahan bocornya lbh singkat dibanding yg dr US.
    Pkonya gak sia-sialah beli coth diaper, meskipun mahal di awal, tp klo dihitung2 total biaya yg dihabiskan msh jauh lbh murah dibanding disposable diaper 🙂

  9. aq tertarik bgt dgn cloth dipaers ini..cm msh bingung nih nentuin merek yg bagus buat anakku..skrg anakku 21 bln, frkuensi pipis n minumnya banyak bgt..aq biasanya pakein diapers wkt bobo aja..please infonya buat merek clodi yg plg recomended yach

  10. mau tanya,
    kalo beli cloth diaper dimana ya ??
    soalnya saya balum tau banyak ttg cloth diaper.
    saya mau beli buat adik saya yg ber umur 1 bulan . .
    tolong sarannya ya .

  11. beli cloth diaper didaerah jakarta barat diaman ya ??
    trus aturan-aturan pemakaiannya gimana ??
    soalnya mamah saya nyuruh saya nyari tau ttg cloth diaper buat adik saya .

  12. wuahhh review yang menarik n nambah wawasan…pernah nyoba coolababy nda mba?aq baru mo beli…etapi mo nyaru fuzzii itu..semoga nanti cucok tuk babyku (baru akan lahir agustus nanti)

  13. Clodi emg TOP banget deh, sayangnya saya baru kenal clodi stlh anakku umur sethn…tapi tetep saya ganti diapersnya dengan clodi yg reusable…setelah itu bnr2 deh saya jatuh cinta sama yang namanya clodi (^_^)

    Saya pun akhirnya mutusin jadi distributor beberapa merk clodi : Yoyoo, Shinies dan Moomookow…

    Selain kita bisa ikutan GO Green, kita juga menjaga kesehatan si kecil dengan mengurangi kontak dgn diapers sekali pakai yg mengandung byk bahan kimia-nya…Terus juga kalo diitung2 bikin hemat pengeluaran bulanan (^.^)v

    Kalo ada diantara moms yang berminat bisa mampir dan liat2 koleksinya yah di : http://www.nastkababy.multiply.com

    Thank you

  14. Mmg clodi oke banget. selain hemat pengeluaran juga jauh lebih sehat buat baby-nya lho moms. ga percaya?? ayo buktikan sendiri moms.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *