Susu Tambahan Selain ASI, Perlukah?

Habis googling tentang apakah bayi perlu ditambah susu formula selain ASI, akhirnya saya nemu artikel ini. Lega deh abis baca ini, kesimpulannya Kenzo tetap ASI saja. Nggak perlu beli sufor deh.

Artikel ini akan lebih terfokus pada pertanyaan “APAKAH BAYI SAYA PERLU DIBERIKAN TAMBAHAN SUSU LAIN SELAIN ASI?”.

Beberapa mitos yang berkembang:

1. Bayi harus diajarkan untuk minum dari botol supaya mereka bisa diberikan ASI Perah (ASIP) ketika ibunya sedang di luar rumah.

TIDAK BENAR. Beberapa bayi ASIX tidak akan pernah mau minum dari botol ketika mereka mencapai usia 2 atau 3 bulan. Kebanyakan dari bayi-bayi ASIX yang belum pernah disusui dengan botol dan dot, bahkan mereka yang pada minggu-minggu pertama kehidupan sempat disusui dengan botol kemudian berhenti, akan menolak botol tersebut ketika mereka berusia 4 atau 5 bulan. Ini bukanlah suatu tragedi, jadi tidak ada alasan untuk memberikan botol kepada bayi di awal kehidupannya dengan dalil supaya bayi belajar untuk minum dari botol. Apabila bayi anda menolak, jangan dipaksakan; ibu dan bayi akan sama-sama menjadi frustasi. Apabila bayi berusia sekurangnya 6 bulan ketika anda mulai masuk kerja lagi di kantor, maka bayi benar-benar tidak perlu untuk minum dari botol. Bahkan jika bayi anda baru berusia 4 bulan (atau bahkan mungkin dibawah 4 bulan), dia tidak perlu belajar untuk minum dari botol. Dia bisa diberikan cairan dengan menggunakan sendok, pipet ataupun spuit (suntikan biasa, ataupun yang khusus untuk minum obat dan vitamin). Selain daripada itu, bayi bisa mulai belajar untuk minum dari cangkir pada saat berusia 5 atau 6 bulan (bahkan dibawah usia 5 bulan sudah bisa diberikan cairan melalui cangkir). Cangkirnya boleh jenis yang terbuka, tidak perlu tipe gelas khusus yang pakai spout (dot khusus untuk belajar minum). Mulailah dengan memberikan air putih (pada usia 6 bulan) karena pada permulaan belajar bayi akan lebih banyak menumpahkan minumannya. Namun, apabila bayi belum bisa untuk minum dari cangkir pada saat anda sudah akan mulai masuk kerja lagi, jangan khawatir, bayi anda tetap bisa minum cairan dengan menggunakan sendok, pipet atau pun spuit tadi.

2. Tetapi tidak ada salahnya kan untuk mengajarkan bayi supaya mau minum dari botol.

TIDAK SEPENUHNYA BENAR. Ada beberapa bayi yang tidak mengalami masalah sama sekali dengan metode Some babies do fine with both. Sesekali memberikan cairan melalui botol, apabila kegiatan menyusui berjalan dengan lancar, tidak akan terlalu berpengaruh. Namun, apabila bayi secara rutin diberikan asupan melalui botol (beberapa kali dalam sehari), dan pasokan ASI anda juga mengalami penurunan karena bayi semakin jarang menyusu secara langsung pada anda, maka kemungkinan besar bayi akan mulai menolak untuk menyusu sama sekali, bahkan untuk bayi yang berusia diatas 6 bulan sekalipun.

3. Bayi perlu minum susu ketika ibu sedang berada diluar rumah.

TIDAK BENAR. Menyusu sekurangnya 3-4 kali dalam 24 jam ditambah dengan berbagai macam hidangan MPASI dengan gizi seimbang, akan memberikan seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi anda sehingga bayi tidak memerlukan jenis susu lainnya ketika anda sedang berpergian. Ditambah lagi, hidangan MPASI-nya bisa juga dicampurkan dengan ASIP, tetapi ini bukan suatu keharusan.

4. Seandainya saya ingin memberikan susu selain ASI kepada bayi saya,maka lebih baik susu buatan (susu formula) sampai dengan bayi berusia 9 bulan.

TIDAK BENAR. Apabila bila bayi masih menyusu beberapa kali dalam sehari dan juga mendapatkan asupan MPASI dengan menu gizi seimbang, maka susu formula sama sekali tidak diperlukan dan tidak dianjurkan. Bahkan, bayi-bayi yang belum pernah mencicipi susu formula ketika mereka berusia dibawah 5-6 bulan, kebanyak akan menolak untuk minum tersebut karena rasanya yang tidak enak. (Kenapa ASI rasanya jauh lebih manis dibandingkan dengan susu formula padahal kandungan gulanya sama).

5. Bayi perlu minum susu (formula) untuk mendapatkan asupan kalsium.

TIDAK BENAR. Apabila anda khawatir mengenai asupan kalsium bayi anda, maka kalsium dapat diperoleh dari keju ataupun yoghurt. Tidak perlu untuk minum kalsium. Lagipula, apabila bayi masih menyusu, ASIanda juga mengandung kalsium.

6. Susu formula lanjutan (susu buatan untuk anak diatas usia 6 bulan) secara khusus diadaptasi untuk memenuhi kebutuhan anak diantara usia 6-12 bulan.

TIDAK BENAR. Susu formula lanjutan sama sekali tidak perlu, dan secara khusus diadaptasi untuk memenuhi kebutuhan marjin keuntungan perusahaan produsen susu formula. Jenis susu ini juga merupakan bagian dari strategi pemasaran perusahaan produsen susu formula untuk mensiasati batasan-batasan yang berlaku sehubungan dengan promosi dan pemasaran susu buatan secara langsung ke masyarakat.

7. Bayi ASIX pada usia 4 bulan perlu mendapatkan tambahan asupan zat besi selain dari ASI.

TIDAK BENAR. Untuk bayi yang lahir cukup bulan dan sedang dalam masa ASIX, seluruh kebutuhan zat besi dipasok oleh ASI. Namun, pada usia kurang lebih 6 bulan, merupakan hal yang baik untuk mulai memberikan tambahan asupan zat besi kepada bayi, selain dari ASI. Cara terbaik untuk melakukan hal tersebut adalah melalui makanannya (MPASI), dan sumber zat besi yang terbaik adalah daging (merah), bukan susu formula dan bukan juga sereal bayi.

8. Cara paling baik untuk meyakinkan bahwa anak mendapatkan zat besi adalah dengan memberikan sereal bayi.

TIDAK BENAR. Sereal bayi memang mengandung zat besi dalam jumlah yang tinggi, tetapi sebagian besar dari zat besi tersebut tidak dapat diserap oleh sistem pencernaan tubuh, sehingga jumlah zat besi yang tinggi tersebut seringkali menyebabkan sembelit pada bayi. Selanjutnya, banyak bayi ASIX yang tidak suka dengan rasa sereal. Tidak salah kok kalau kita mau mencoba memberikan sereal bayi, tetapi jangan dipaksakan karena bisa menimbulkan masalah seputar kebiasaan makan di kemudian hari. Cara paling tepat untuk memastikan apakah bayi kita cukup mendapatkan asupan zat besi adalah dengan terus memberikan ASI dan memperkenalkan MPASI dengan suasana yang relaks, menyenangkan dan pada waktu yang tepat. Cara paling mudah untuk memberikan tambahan zat besi kepada bayi berusia 6-12 bulan adalah melalui asupan daging (merah), karena zat besi yang terkandung didalam daging sangat mudah dicerna dan diserap oleh usus bayi.

(Artkel ini dirangkum dan diterjemahkan secara bebas dari: Handout #17 What to Feed… Revised January 2005, Written by Jack Newman, MD, FRCPC. © 2005)

Source: http://aimi-asi.org/2007/08/mpasi-susu-lain-selain-asi/

Categories: Breastfeeding

10 comments

  • Prissi

    hai, sis…!
    seneng banget deh baca tulisan sis yg ini, krn memang sulit ya menyadarkan masyarakat luas mengenai asi dan mitos2 yg gak bener seputarnya. aku pny 3 anak dan semuanya full asi sampai mrk satu tahun lbh.mostly mrk berhenti krn aku hamil adiknya.dan yg ke3 ini,aku niat sampai dia 2 tahun.no formula at all!!!
    lucunya,banyak dokter yg bulak-balik nanya, pake sufor apa? dan setiap aku nemu dokter kaya gitu,langsung aku ganti dgn dokter yg lain. sampai skrg,aku masih stick ama dokter yg mati2an dorong aku untuk ttp optimis nyusuin.
    mudah2an dgn adanya tulisanmu ini,bnyk moms yg bisa ngerti ttg seberapa GAK PENTINGNYA SUSU FORMULA. aku personally sebel dgn adanya sufor..nyesatin masyarakat dan membodohkan pula.
    Tengkyu ya,sis buat tulisannya…aku jadi bisa ikut ngeluarin pendapat nih disini.
    Lets keep up the good work! ;)

    bye..!

  • karin

    Senangnya menemukan artikel ini.. Jadi gak pusing2 lg mikirin mesti kasih sufor apa gak buat anakku. ASI is the best.. ;)

  • Putri Widari

    hai sis,
    aku mo curhat ni, waktu anak ku lahir ASI ku kluar tp sedikit sehingga anakku kena penyakit kuning. ngamar 2 hari di RS. selama di fisioterapy ga boleh kluar dari boxnya jadi untuk mensuply susunya harus menggunakan DOT n Sufor + ASI ku yg dipompa. Skrg anakku sudah terbiasa minum ASI alhamdulillah dari payudara ku dan intensitasnya lebih banyak dari pada Sufor yang sehari skali. Dia tidak bingung puting. umurnya skrg baru 40 hari, jenis kelaminnya cowok. jadi minumnya banyak. apakah tidak apa-apa bila ASInya dicampur dengan Sufor???
    tolong jawab pertanyaan saya. trima kasih. :)

  • ardi

    mohon solusiny untuk meyakinkan ASI adlah segalany saya org tua baru, dan saya ingn anak tmnh kmbgny baik tp apakah dgn alasan ketika bayi sdh d susui trs msh menangis perlu dtmbh sufor krn ini yg sdg sy alami mohon pencerahannya..

  • yenny

    sis,
    Puji Tuhan, anakku sekarang 11m1w full asi, tapi aku udah mulai kahwatir apakah dia cukup asinya, soalnya aku dah mulai banyak kesibukan, sementara dia ga bisa tidur kalau ga sambil nenen. alhasil aku keteteran sana sini. dia masih tidur siang 2x. rencananya, pas dia setaun ntar, aku mau kasih asip karna nemploknya itu sudah bertabrakan sama kesibukanku. tapi aku latihan perah kok hasilnya yang keluar sedikit banget yak? padahal kalo anakku lagi minum sampe bunyi glek-glek gitu. jadi aku masih bingung. pengen bnaget nerusin sampe 2 tahun. tapi kesibukan ga memungkinkan. sehingga terpaksa aku harus perah. nah dengan hasil perah yang cuma sedikit ini, apakah bisa memenuhi kebutuhan dia? apakah aku harus kasih dia tamabahn? kapan ya diperlukan? trims

  • DWY

    Alhamdulillah nemu artikel ini.
    sebelumnya s4 bingung apa harus tambahin susu formula untuk seimbangin gizi anakku yg umurnya skrg pas 1 tahun?. Dari lahir sampe skrg dia maunya cm ASI + MPASI, pnh dicoba susu formula tp gak mau.
    tengkyu ya sis utk artikelnya. skrg ga ragu lagi deh dgn gizi anakku.
    4 Mommy2 yg lain… JGN TERGODA DGN MEREK2 SUSU FORMULA yang menjanjikan ini itu untuk anak pdhl sebenarnya ASI IS THE BEST UNTUK BUAH HATI QT… :)

  • anna

    Alhamdulillah..makasih buat infonya sist,jd makin mantap dan yakin buat ga berpaling dari ASI..anakku cewe namanya mikhayla umurnya 5 bln 12hari,bntar lg kan mau MPASI,tdnya ak bingung mau kasih sufor apa buat tambahan klo bkinn bubur susu,pas baca artikel ini jd ga gusar lg deh..hidup ASI pokonya

  • rahayu ulfa

    Bayiku sudah 8bulan tapi belum dibantu asi sufor , bayiku cuma minum ASI ku dan dibantu makanan mpasi nestle , gimana kalo ga dikasih asi terus dan tidak dibantu susu pendamping

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>