Tips Memilih, Membersihkan, Dan Memasak Rajungan

cara-masak-rajungan

 

Tips memilih rajungan segar:
– Pilih rajungan yang masih lengkap jari-jari dan capitnya.
– Pilih rajungan yang masih hidup.
– Karena lazimnya dijual dalam keadaan terikat, angkatlah badannya. Bila terasa ringan, artinya dagingnya kurang padat. Rajungan yang berat adalah yang gemuk.
– Lebih baik tidak memilih rajungan yang kecil, karena sulit untuk mengeluarkan dagingnya.

Cara membersihkan rajungan:
Dengan keadaan masih terikat, tanpa dicuci lebih dulu, letakkan rajungan di atas talenan, dengan bagian dada menghadap ke Anda. Belah rajungan tepat di tengah badan dengan pisau tajam. Setelah jari-jarinya tak bergerak lagi, lepaskan tali yang mengikat badannya. Tanggalkan batok yang tinggal separuh, Anda akan melihat insangnya. Angkat dan buang. Tanggalkan pula ujung-ujung jari rajungan yang tak ikut dimasak karena tak ada dagingnya.
Cucilah bersih-bersih di bawah keran air, sambil membuang isi perut yang tampak kehijau-hijauan. Bagian yang berwarna kekuning-kuningan di dalam tubuh rajungan bukanlah kotoran, melainkan lemak. Jika Anda suka, bisa ikut dimasak.
Setelah benar-benar bersih, pukul capit dengan gagang pisau supaya tak retak. Dengan demikian, bumbu akan meresap hingga ke daging capit dan saat makan Anda tak sulit lagi mencari alat untuk memecahkannya. Batok kulit yang sudah dilepas tak perlu dibuang, jika di sekitar bagian dalam tampak ada sesuatu yang menempel. Bagian ini pun enak dimakan. Cuci saja di bawah aliran air, tanpa dikorek.

Tips memasak rajungan:
Rebus sepanci air. Bila sudah mendidih, masukkan rajungan yang sudah dibersihkan. Setelah kira-kira 15 menit dan batok rajungan sudah berwarna merah, angkat lalu tiriskan.

Sumber: Tabloid Nova
Gambar: Milik pribadi

rajungan

resep-rajungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *