Kenzo and His Pacifier

Sometimes, Kenzo finds his pacifier comforting, especially when going to sleep. Tapi aku rasa dia nggak tergantung sama pacifiernya. Artinya, nggak ada juga nggak apa.

Kenzo mulai mau ngempeng sejak umur lima setengah bulan (sekarang dia enam bulan lebih satu minggu). Sebelumnya, biar dikasih, dia nggak mau sama sekali. Bukannya aku mau membiasakan dia ngempeng. Kenzo sih lebih suka sama mamanya langsung, atau kalau terpaksa, ngemut jarinya sendiri. Nah, yang repot kalau lagi diasuh sama selain aku. Menurutku pacifier bisa jadi penyelamat untuk sementara waktu.

Sejak mau ngempeng, aku lumayan lega karena biarpun aku lagi nggak ada, Kenzo tetap merasa comfortable. Yang njagain dia juga tentunya lega karena rewelnya jadi berkurang.

Selain itu pacifier ternyata berguna juga kalau lagi bepergian. Misalnya di gereja, aku merasa nggak pede untuk breastfeeding meskipun ada nursing cover. Atau kalau lagi dinner di luar, nah pacifier ini sekali lagi jadi penyelamat.

Yang sebel kalo pas ketemu orang, trus orang itu bilang, bayi kok dibiasain ngempeng. Nggak baik, katanya, bisa ketagihan. Hmm, untuk pendapat yang satu ini aku nggak setuju lho. Buktinya, aku dan adik-adikku semua ngempeng, kata papaku, nggak ada yang ketagihan. Nggak ada yang sampai nangis-nangis waktu perpisahan dengan empengnya. Mami mertuaku juga bilang, nggak apa dikasih empeng. Malah, kalo nggak ada empeng ortunya bisa kerepotan. Dan menurutnya juga nggak bikin ketagihan. Kalo disuruh berhenti ya bisa kok berhenti. Trus beberapa temanku juga bilang kalo anaknya dulu juga ngempeng, tapi nggak ketagihan.

Menurutku sih tergantung penanganan dari ortunya. Atau tergantung bayinya juga kali.

Trus ada yang bilang, ngempeng bisa bikin gigi jelek. Hmm, aku dan suamiku nggak percaya juga tentang ini. Adikku waktu bayi paling sering ngempeng dibanding kakak-kakaknya, buktinya giginya nggak tonggos sama sekali. Rasanya masalah gigi itu karena keturunan dari ortunya deh, bukan karena empeng.

Yang aku bersyukur, aku dan suami akur tentang masalah empeng ini.

Aku ingat dulu takut banget kalo Kenzo ketagihan pacifier. Sampai-sampai dulu waktu masih newborn, kalau pas Kenzo nangis-nangis minta sesuatu untuk dihisap, padahal dia udah kekenyangan, aku tetap nggak mau ngasih pacifier. Waktu itu aku takut dia kurang gizi kalau dikasih pacifier he he… Tapi lalu aku googling di internet, baca banyak artikel tentang masalah ini, dan setelah berbulan-bulan aku menyimpulkan, pacifier itu boleh dikasih ke bayi.

Malah ada yang bilang, daripada bayi ngemut jari, lebih baik dikasih pacifier aja. Karena jarinya pasti penuh kuman kalau dia udah belajar merangkak.

Ada juga yang bilang, jangan dikasih pacifier. Karena bayi memasukkan jarinya ke mulut itu artinya dia lagi belajar makan sendiri.

Menurut aku dan suami, boleh orang ngasih pendapat menurut dia yang bagus gimana, asal jangan maksa dong. Seringkali pendapat orang ada benarnya. Tapi sekali lagi, jangan maksa.

Update: Sejak Kenzo umur 1 taon, dia udah nggak mau ngempeng SAMA SEKALI. Pernah aku kasi, agak maksa sih, soalnya lucu ngeliat dia ngempeng he he… eh, langsung dibuang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *