Oh, Sherlock Holmes…

Sherlock Holmes

Tema buku dan film favorit saya adalah komedi dan detektif. Sekarang saya membaca ulang novel Sherlock Holmes, mungkin untuk yang kelima kalinya. Gila, sampai sekarang saya masih gak bosan-bosan baca kisah-kisahnya. Menurut saya, membaca Sherlock Holmes membuat saya rileks, yang mungkin beberapa orang tidak menyetujui pernyataan ini. Meskipun bahasa yang digunakan tidak bermaksud melucu, tapi saya sering senyum-senyum sendiri bahkan tertawa lepas.

Buku dan kasus-kasus yang sudah pernah saya baca:

Sherlock Holmes, Kumpulan Kasus Seru Jilid 1, terbitan Alice Saputra Communications Co.:

  1. Petualangan Diplomat Bulgaria – Zakaria Erzinclioglu
  2. Petualangan Generasi Kedua
  3. Misteri Pusaran Warwickshire – F. Gwynplaine MacIntyre
  4. Petualangan April Mop
  5. Kasus Pertempuran Terakhir – L.B. Greenwood

Sherlock Holmes, Kumpulan Kasus Seru Jilid 3, terbitan Alice Saputra Communications Co.:

  1. Petualangan Piala Grace – Roger Johnson
  2. Kasus Pengemis Amatir
  3. Kasus Pengacara Yang Bunuh Diri – Martin Edwards
  4. Petualangan Pembunuhan Basi
  5. Surat Wasiat Rachel Howells – Michael Doyle
  6. Kasus Pencukur Iblis

Sherlock Holmes, Kumpulan Kasus Seru Jilid 4, terbitan Alice Saputra Communications Co.:

  1. Misteri Sentuhan Tuhan – Peter Crowther
  2. Pembunuhan Di Balik Gunung
  3. Petualangan Pelukis Yang Teraniaya
  4. Kasus Sandi Baconian
  5. Petualangan Penguasa Yang Menderita – H.R.F. Keating
  6. Kisah Menjijikkan Tentang Lintah Merah – David Langford
  7. Kasus Kursi Malas Yang Tak Nyaman

Sherlock Holmes, Kumpulan Kasus Seru Jilid 6, terbitan Alice Saputra Communications Co.:

  1. Petualangan Perkumpulan Pengemis Amatir – John Gregory Betancourt
  2. Petualangan Kotak Besi
  3. Petualangan Gesper Perak – Denis O. Smit
  4. Kasus Squire Pecinta Olahraga – Guy N. Smith
  5. Lenyapnya Atkinson Bersaudara – Eric Brown
  6. Kasus Seorang Gadis Dan Seekor Gazelle
  7. Petualangan Bintang Jatuh – Simon Clark

Yang menarik dari Sherlock Holmes:

  1. Suka menggoda koleganya, Watson. Di Petualangan Diplomat Bulgaria, Sherlock menantang Watson untuk mendeteksi surat dari calon kliennya. Dengan gaya penting Watson menyebutkan semaksimal yang ia bisa tentang siapa penulis surat itu dan apa sifat-sifatnya. Sherlock membenarkan pendapat Watson dan menambahkan bahwa ia tak bisa mencapai kesimpulan yang lebih mendalam lagi. Watson sempat puas, tapi kemudian Sherlock menambahkan detail-detail yang seperti biasa tidak terpikirkan oleh otak manusia normal. Yang lebih membuat Watson dongkol, Sherlock menutup kesimpulan itu dengan pernyataan bahwa persediaan pengetahuannya yang terbatas tentang calon kliennya sudah habis.
  2. Tertarik dengan seorang wanita, Irene Adler, karena WANITA ITU–begitu Sherlock menyebutnya–pernah berhasil menipunya di kisah Skandal Bohemia. Irene Adler menikah dengan seorang pengacara bernama Jeffrey Norton. Anak mereka, Irene Norton, sekali lagi berhasil memperdaya Sherlock dalam kasus Petualangan Generasi Kedua.
  3. Memaksa Watson menyamar, tanpa peduli bahwa koleganya itu tidak suka mengenakan alat samaran yang aneh-aneh, misalnya di kasus Petualangan Generasi Kedua.
  4. Punya cara sendiri dalam menjebak si pelaku, yang tidak bisa dimengerti Watson dan kliennya. Salah satu yang menarik tertulis di kisah Petualangan Bintang Jatuh. Di sini Sherlock berpura-pura melakukan kesalahan analisa untuk membuat pelakunya terjebak.
  5. Meskipun super jenius, Sherlock ternyata bisa salah juga dalam menarik kesimpulan… saking hebatnya daya imajinasinya, yang disajikan dengan menarik dalam kasus Petualangan Penguasa Yang Menderita.
32 comments Add yours
  1. Ummm….. suka sherlock holmes yah ???

    boleh tanya dimana aq isa dapetin ituh buku…

    trus kalo yang produksinya alice saputra tuh cuman kumpulan kasus ajah yah? Ndak ada tranlate dari novel originalnya ??

  2. Aku dulu beli di toko buku Uranus (Surabaya). Gak tau ya kalo di toko buku lain ada nggak. Setauku yang terbitan Alice Saputra memang cuma kumpulan kasus.

  3. Wah ada pengemar sherlock juga nich!
    Btw, anda cuma baca kumpulan kasus ya? wah kurang seru tuch, buku dengan ketebalan standar kayak tuch berisi beberapa kasus. Tapi nggak ngehilangin cita rasa detektifnya kok. Q juga suka baca. Tapi Q saranin coba dech baca yang novel : Pencarian Benang Merah; Empat Pemburu Harta; Anjing Setan (Baskerville); ama Lembah Menakutkan. Lebih asyik tuch detektif-detektifannya.
    Bener2 menguras otak. Oya yang novel tuch Q pernah beli di Gramedia. N penerbitnya emang Gramedia Elex Comp

  4. salam kenal penggemar sherlock.aq cm mo tnya ni,bku2 yg disebut di atas bs ddpat dmna ya?aq prnh bca detektif favoritku tu diperdaya sm Irene adler,tp aq blm bca yg ksus generasi kedua.tlog dong,aq btul2 ingin pnya koleksi lengkap detektif yg sangat aq kagumi tu.

  5. Salam kenal kasa…
    Coba cari di toko buku Gramedia biasanya ada kok. Atau kalo mo beli online, coba di gramedia.com, lalu search keyword “Sherlock Holmes”. Ato kalo ga mo beli, pinjam aja dari persewaan buku.

  6. salam to sherlockian…
    kalau buku terbitan alice saputra emang bagus, tapi kayaknya lebih seru yang penerbit gramedia.sekarang aku masih punya yang seri 1,2,4. dulu ada di gramedia dan toko-toko buku lain tapi sekarang udah nggak ada lagi aku juga lagi nyari yang terbitan alice untuk melengkapi sekaligus mengenal lagi sosok lain sherlock holmes

  7. Wah, ikutan donk! aku juga Sherlock Mania nich! oiya emang ada ta kasus generasi kedua? jujur aku juga gak tahu tapi please bgt kasih tahu gimana cara ngedapetinnya!!!!! aku udah koleksi beberapa buku sherlock jadi aku sangat gak puas klo gak dapetin tu buku .

  8. eiiyyyy,,seri” yg d sbutin d ats kug gk prh aq temuin iia d sby ??!!!

    mank adana seri” thu d mn ??!!

    aq pgen bget koleksi sherlock holmes .

    blz d e-mailQ y ??!!

  9. eeeeeeehhhh ,, emangna thu serina thu ada banyak iia ??!!

    kug aq g tw yc ??!!
    cz q gk prh liatt seri” thu d toko buku mnpun

    klo ada tlng brthu tmptna d mn .
    thx .

  10. aku suka banget baca Novel Sherlock holmes,Film DVD nya pun ku udah punya..tapi aku belum punya semua novel nya,karena keterbatasan dana..maklum ya

  11. aQ blum pernah baca Sherlock selain karangan Conan Doyle cz pernah baca yang karangan Mitch Cullin tentang masa tua Holmes,mengecewakan banged….gimana dengan buku2 di atas bagus ga?

  12. salam kenal..
    saya juga penggemar berat mr. Holmes..
    mo nanya nih Fi..
    kamu punya film2nya ga?
    saya cuma punya 3..
    1. sherlock holmes and the hound of baskervilles
    2. sherlock holmes and the case of silk stocking
    3. young sherlock holmes…

    kamu punya film2 laen ga?
    ato pernah ngdonlod?
    blh tau url nya?
    terimakasih…

    salam Sherlockian..

  13. olala
    jeng effi. suka bang holmes juga tah??
    ogut juga pengen posting about bang holmes nikh.. tapi belom tau banyak tentang beliau yang kukagumi itu..
    baru baca e book nya aja ogut. udah 4 judul.
    emang keren banget ya tuh ceritanya om arthur c doyle 😀

  14. wah ada Sherlockian jg di sini.. ada yg mau ebooknya? komplit tapi bahasa inggris…

    kalo nggak sebagian bisa dicari di ebukindo.co.cc (bahasa indo tapi ga lengkap)

  15. aku jg suka bgt sama sherlock holmes. yang jelas koleksiku kurang dikit lagi jadi komplit. sekarang novel sherlock holmes jafdai agak langka deh, pengen bgt secepetnya dapetin yang belum ada di rak buku.

  16. Buku sherlock Holmes karangan mitch cullin gag bisa disejajarkan sama bukunya Conan Doyle..sumpah beda abis, gag asik sama sekali..sense nya beda banget!

  17. aku suka juga sherlock holmes, sekarang neh lagi cari-cari “Sherlock Holmes, Kumpulan Kasus Seru Jilid 2” gak ketemu-ketemu, jilid 1,3,4,5 dan 6 sudah punya.

  18. wah seru banget nih,ada yang gemar sherlock slain aq.q mw tnya daftar lengkap buku2 sherlock dari A sampai Z.n gmna klo kita bwat SHERLOCK COMMUNITY aja? trims

  19. wow….,, kakak hebat ya dah pnya bgtu banyak buku SH. Aku ja baru pnya 5. kbtulan aku jga sherlockian. aku mulai suka SH sejak buku detective conan. dari situ aku tau tntang SH.
    bTW,, kakak prnah ga sih dikatain orang aneh gara” suka sama buku detective…?
    aku jdi bingung…,, tmen” aku blng kalaw SH itu cm dalam buku doank….,, g da gnanya baca buku detective….
    huhuhu….. sebel….

  20. Aq suka bnget critax,krena q memang penggemar tokoh” detektiv layakx conan edogawa n sherlock holmes…

    Q dnger” skrng uda ad filmx,dmana y q bs dptin?

    Ohy,q cuma pux koleksi dri sir arthur,.slain it q bs dptin yg laen g?dmana?

  21. Sama mbak…Saya suka Sherlock Holmes mulai SD malah.. Kalo baca, walaupun berulang-ulang gak mungkin bosen, tetep aja seru..!!
    sebagai pembaca kita nggak pasif2 aja, tapi juga ikut mikir…

  22. Mau tanya? Semuanya itu, bukan sir arthur conan doyle yg ngarang kan? Jdi g asli sherlock dong. Karna bagaimanapun sepertiapa sifatnya dan bagaimana pendapatnya tentang suatu kasus hanyalah sang pengarang yg berhak. Kalau yg lain, berarti hanya meminjan karakter tokoh sja, padahal yg menciptakan tokoh belum tentu bersedia Saya bs merasakan itu karna saya juga penulis.

  23. Well, emang bagus-bagus sih ceritanya.
    Meskipun sebenernya, di antara kasus-kasus di atas nggak ada satu pun yang asli bikinan Sir Arthur Conan Doyle.

    Tapi yodah deh, yang penting HOLMES. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *