Pentingnya Upgrade WordPress

Beberapa hari lalu ada blogku yang kena hack. Sayangnya saya telat mengetahui, sampai kira-kira 3 harian. Waktu itu saya curiga karena penghasilan adsense turun hingga 1/10-nya. Lalu saya cek “view – page source” dan ini dia penyebabnya (klik untuk memperbesar):

tampilan wordpress kena hack

Penghasilan adsense menurun karena iklan-iklan yang muncul tidak sesuai dengan topik blog, melainkan mengikuti topik spam yang nilainya jauh lebih rendah.

Ternyata WordPress saya kena hack. Waktu itu masih pakai versi 2.3.1, sedangkan untuk versi terbaru 2.5.1 sudah ada sejak lama. Tapi karena malas, saya menunda waktu untuk upgrade.

Setelah itu saya langsung buru-buru mengupgrade semua blog saya ke versi WordPress 2.5.1. Untuk mempermudah pekerjaan saya pakai plugin WordPress Automatic Upgrade. Pekerjaan jadi gampang, tinggal beberapa klik langsung WordPress telah terupgrade.

Upgrade ini penting, salah satunya karena tingkat security versi terbaru pasti lebih bagus. Selain itu yang saya sukai dari versi 2.5.1 ini adalah kemampuan untuk mengupgrade plugin dengan hanya satu kali klik. Kalo dulu tiap kali upgrade plugin harus mendownload versi yang baru dan menguploadnya lewat FTP.

Yang tidak saya sukai dari WordPress 2.5.1 hanya satu: font default untuk admin area lebih kecil dibanding versi lama.

5 comments Add yours
  1. waduh mbak gak waspada sih. itu hacker cepet banget action nya kalo dah ada bug di wordpress. maklum cms paling populer. 2.6 udah mau rilis tuh mbak. jaga2 aja kalo denger kabar 2.6 keluar beta. salam buat teddy ya 😉

  2. salam kenal…
    mungkin sebagai antisipasi agar tidak di hack lagi…
    sebaiknya anda tidak asal comot menggunakan plugin yang ada apalagi jika script plugin tersebut harus melakukan request terhadap sebuah situs…
    karena saya pernah membaca bahwa ada plugin yang memiliki bug, vulnerability, lobang atau semacamnya dan itu sudah lama sekali…
    jadi sebaiknya anda juga harus teliti dalam pemilihan plugin untuk membantu kerja anda mengoptimalkan blog wordpress…

    Regards,
    Jhal sang Bintang Terasing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *