Resep Lentog Tanjung Khas Kudus

warung-lentog-tanjung-kudusTiap pulang ke Kudus biasanya tidak lupa mampir ke Lentog Tanjung, tempat makan tradisional khas Kudus. Makanan ini adalah lontong disajikan di atas daun pisang, diberi kuah opor tahu dan sayur nangka plus taburan bawang goreng. Harganya juga murah meriah.

Sebenarnya saya punya foto makanannya tapi lupa ditaro di mana, yang ketemu foto warungnya saja. jadi sementara ini silakan dibayangkan sebisanya bagaimana rasanya makan lentog di warung yang benar-benar bernuansa pedesaan ini.

Ini resep lentog Kudus (untuk 3 porsi), sumber dari sedap-sekejap.com:

Bahan:
3 buah lontong, potong-potong

Bahan sayur nangka :
300 gram nangka muda cincang halus
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1 liter santan

Bumbu dihaluskan:
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 buah kemiri
2 sendok teh garam

Opor tahu:
10 buah tahu yang telah digoreng
1 batang serai, dimemarkan
2 cm lengkuas
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
750 ml santan

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah kemiri
1/2 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh merica
1/8 sendok teh jintan
1/4 sendok teh merica
2 cm jahe
2 sendok makan minyak goreng
2 sendok teh garam

Cara membuat :
1. Rebus nangka, bumbu halus, salam, lengkuas sampai nangka hancur.
2. Boleh ditambahkan santan jika kurang. Sisihkan.
3. Buat opor tahu: tumis bumbu halus, serai, salam, lengkuas, dan daun jeruk sampai harum.
4. Masukkan tahu dan santan. Masak sampai mendidih.
5. Sajikan dengan lontong dan sayur nangka.

10 comments Add yours
  1. mbak tolong waktu saya masih di kudus ,
    thn 70 an sering makan /liat orang bikin geplak sari,yang di buat dari ketan ,kelapa dan gula di cetak sama merang trus di jemur, biasanya di bikin buat lebaran ,setiap saya pulang ke kudus saya cari kok ggak ada lagi,saya tanya nggak ada yang tau,tolong mba tau ngga ,lebih lebih kalau tau resepnya ,kasih tau mba,makasih

  2. pancen enak tenan mbak,aku nek muleh kampoang orak mangan lentok tanjong wah ga marem mbak.opo meneh nek manganne esok banget jam 6.wah mangan neng tanjong monas ketok mbak.setandar kabeh enak,tapi aku sering nenggone mitro.kabeh si wes tak pacak ngalor ngidol kabeh. seng penting enak.yo ra mbak…….

  3. lentog kudus, sudah hadir di jambi…..di depan kantor gubernuran, tapi kalau hari minggu pagi aja.
    magi yang kangen ama lantog tanjung bisa datang ke kantor gubernuran jambi setiapo hari minggu jam 06:00 – 09:00.
    di tungggu kehadirannya…..

  4. Lentog kudus memeng enak…
    10 tahun aku ning kudus sabendino ora bosen-bosene….
    tapi yo kuwi resep sing ditulis iki rasane enak koyo sing biyen ta pangan sabendino…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *