TemplatePanic Ganti Template Lagi

TemplatePanic Preview

Setelah beberapa kali ganti template, kali ini blog favorit saya ganti template… lagi. Kali ini menu disederhanakan dengan menambah javascript accordion. Saya sama sekali nggak ngerti javascript. Tapi Puji Tuhan setelah hampir seminggu kerja keras mencari artikel tutorial tentang accordion, akhirnya saya menemukannya.

Agak memalukan kalau dibahas di sini tentang cara bodoh-bodohan yang saya pakai, tapi biarlah buat kenang-kenangan.

Pertama-tama, kira-kira seminggu lalu saya membuatkan blog template berbasis WordPress untuk website adik perempuan saya. Meskipun lebih nggak ngerti dari saya, dia mintanya desain templatenya itu agak nggak umum. Dia minta di halaman utama semua posting dari per kategori dimunculkan. Gila, bakalan panjang banget dong, pikir saya. Trus saya ingat pernah lihat website orang lain yang pakai accordion effect.

Jadi saya search tentang accordion effect itu. Eh, ketemu, yaitu moo.fx – size does matter. Bagus nih. Lalu saya masuk ke halaman download dan membaca-baca dokumentasinya, tapi ternyata 95% nggak ngerti.

Lalu saya search di Google tentang “Wordpress theme accordion effect”, karena pikir saya, paling gampang lihat contoh dari template yang sudah ada. Bagus. Saya menemukan Aclide WordPress Theme Released oleh Kaushal Seth. Lalu saya download dan pelajari template itu.

Dua hari kemudian jadilah template WordPress saya yang sudah ditambah accordion effect. Puas banget karena waktu proses membuat sampai nggak minat makan dan mandi ha ha… Adik saya puas, tapi saya lebih senang lagi.

Berikutnya keinginan saya adalah menerapkan accordion effect itu di blog TemplatePanic saya yang berbasis Textpattern. Nah lho… saya search di Google ternyata nggak ketemu template Textpattern yang sudah mengandung accordion effect. Lalu saya coba dengan cara bodoh, yaitu menerapkan cara yang saya temukan di WordPress ke Textpattern. Hasilnya… ha ha… jelas nggak bisa dong!

Karena gagal, saya ganti cara lain. Berhari-hari saya cari tutorial tentang accordion effect. Akhirnya saya menemukan tutorial tentang penerapan accordion effect (sori lupa alamatnya, karena lupa saya bookmark). Saya coba di Dreamweaver, eh… ternyata bisa. Lalu saya terapkan di Textpattern, dan bisa! Jadilah template yang sekarang saya pakai di TemplatePanic.

Ini sidebar accordion effect saya:

Accordion Effect

One comment Add yours

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *